Tema                         : 1.  Organ Gerak Hewan dan Manusia

Sub Tema                    : 1 . Organ Gerak hewan

Mata Pelajaran          : IPS

Materi                        : Kondisi geografis pulau Papua

 

Sebelum menyimak materi ikuti langkah berikut!

1.         Berdoa sebelum belajar

2.         Mengisis Presensi Kehadiran dengan cara KLIK DISINI

3.         Menyimak materi dengan baik

4.         Selamat belajar

Kondisi Geografis Pulau Papua

Pulau Papua merupakan pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. Kondisi geografis Pulau Papua berdasarkan peta terletak di paling timur Indonesia. Terdapat dua negara yang menguasai pulau ini. Papua Nugini di bagian timur, dan Indonesia di bagian barat. Dahulu Indonesia memberi nama Provinsi Irian Jaya untuk kawasan bagian barat Pulau Papua. Namun saat masuk era reformasi ada tuntutan mengganti nama Irian Jaya kembali menjadi Papua. Belakangan Indonesia membagi wilayahnya di pulau ini menjadi dua provinsi yakni Papua dan Papua Barat. Pulau Papua sangat terkenal kaya akan sumber daya mineral logam baik tembaga, emas, dan perak. Secara astronomis, Pulau Papua terletak di posisi 0º 20' LS - 10º 42' LS dan 131º BT - 151º BT. Hewan endemic yang terdapat di pulau Papua yaitu Cenderawasih, Kanguru Pohon Mantel Emas, Kasuari, Nuri Sayap Hitam dan Burung Mambruk

1.      Luas Pulau Papua

Pulau Papua menjadi pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. Luas pulau Papua tercatat mencapai 786.000 km² namun yang menjadi bagian Indonesia hanya sebesar 418.707,7 km². Sedangkan sisanya menjadi bagian dari Papua Nugini.

2.      Batas Pulau Papua

Batas laut pulau Papua berbatasan langsung dengan laut Filipina di bagian Utara, laut Arafuru dan Banda di bagian Barat, Samudera Pasifik di bagian Timur, dan Selatan di laut Arafuru.

Batas daratan pulau Papua bagian Utara dengan Samudera Pasifik, Barat dengan laut Arafuru, bagian Timur dengan Papua Nugini, dan bagian Selatan dengan Laut Arafuru dan Australia.

3.    Keadaan Alam Pulau Bali dan Kepulauan Nusa Tenggara

Pulau Papua memiliki pantai indah seperti pantai Teluk Triton di Kaimana, , dan pulau  Raja Ampat di Monokwari, hingga pantai Harlem di Jayapura. Sungai yang terdapat di pulau Papua yaitu sungai Memberamo, sungai baliem. Pulau Papua memiliki gunung tertinggi di Asia Tenggara bernama Puncak Jaya dengan ketinggian sekitar 4.884 meter. Selain itu terdapat gunung-gunung lain seperti Gunung yamin dan gunung Derabaro. Dataran rendah di Papua, seperti Arafura, pesisir Trans-Fly, dan teluk Papua.

 Kode postingan 2904